|
KOMPETENSI INTI 3 |
KOMPETENSI INTI 4 |
|
3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata. |
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
|
KOMPETENSI
DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
|
3.1 Menganalisis
gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga
kesehatan sistem gerak. |
4.1 Menyajikan
karya tentang berbagai gangguan pada sistem gerak, serta upaya menjaga
kesehatan sistem gerak manusia. |
|
3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh
gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak
benda dan gerak makhluk hidup. |
4.2 Menyajikan
hasil penyelidikan pengaruh gaya terhadap gerak benda. |
|
3.3 Menjelaskan
konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia. |
4.3 Menyajikan
hasil penyelidikan atau pemecahan masalah tentang manfaat penggunaan pesawat
sederhana dalam kehidupan sehari-hari. |
|
3.4 Menganalisis
keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang
terinspirasi oleh struktur tumbuhan. |
4.4 Menyajikan
karya dari hasil penelusuran berbagai sumber informasi tentang teknologi yang
terinspirasi dari hasil pengamatan struktur tumbuhan. |
|
3.5 Menganalisis
sistem pencernaan pada manusia dan memahami gangguan yang berhubungan dengan
sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan. |
4.5 Menyajikan
hasil penyelidikan tentang pencernaan mekanis dan kimiawi. |
|
3.6 Menjelaskan
berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya
terhadap kesehatan. |
4.6 Membuat
karya tulis tentang dampak penyalahgunaan zat aditif dan zat adiktif bagi
kesehatan. |
|
3.7 Menganalisis
sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem
peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah. |
4.7 Menyajikan
hasil percobaan pengaruh aktivitas (jenis, intensitas, atau durasi) pada
frekuensi denyut jantung. |
|
3.8 Menjelaskan
tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan
darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan. |
4.8 Menyajikan
data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman
tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan. |
|
3.9 Menganalisis
sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan,
serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan. |
4.9 Menyajikan
karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan. |
|
3.10 Menganalisis
sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta
upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi. |
4.10 Membuat
karya tentang sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga
kesehatan diri. |
|
3.11 Menganalisis
konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk
sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan. |
4.11 Menyajikan
hasil percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi. |
|
3.12 Menganalisis
sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta
penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan
prinsip kerja alat optik. |
4.12 Menyajikan
hasil percobaan tentang pembentukan bayangan pada cermin dan lensa. |
|
#materikelasipa |
#materikelasipa |
KOMPETENSI DASAR IPA KELAS 8
Komentar
Posting Komentar